Rabu, 19 Februari 2014

Fenomena Banyaknya Bencana di Indonesia

Hay pembaca yang budiman,kembali lagi dengan postingan gue yang biasanya agak membabi buta kini tampil lebih menawan soalnya gue abis dapet kitabnya Empu Tarantula. #sumpahIniSapaanYangRandomBanget

Oke,karena akhir-akhir ini Negara tercinta kita yaitu Indonesia sering dilanda musibah yang terus-menerus bikin geger masyarakat,itu membuat gue merasa iba dan tergugah hatinya untuk membantu.

Iya...memang bisa dibenarkan jika pada tahun 2014 ini Indonesia sering dilanda musibah. Baru awal tahun saja sampai gue bikin postingan ini di bulan februari sudah banyak banget bencana yang melanda Indonesia. Dari Banjir,Tanah Longsor,Gempa Bumi,hingga yang terhangat saat ini adalah Gunung Meletus.

Tentu saja gue sebagai manusia yang berotak normal yang hatinya masih memiliki rasa prikemanusiaan dan sedikit tenggang rasa merasa iba. Gue merasa prihatin dan turut berduka atas segala bencana ini karena gue juga ikut merasakan dampak nyatanya.


Oleh karena itu,dengan segala ketulusan hati meskipun gue anak kost yang masih kesusahan makan,gue ingin membantu walau tidak dalam bentuk materi tentunya. Ya meskipun bantuan gue cuma sekedar doa dan ucapan "SABAR" dan "TABAH",gue juga pengin membantu dengan tindakan nyata salah satunya yaitu dengan menulis di blog ini. Dan gue berharap tulisan gue bisa membatu.

Disini gue pengin ngajak kalian supaya lebih tanggap terhadap alam dan juga bencana tentunya agar kita bisa menyikapinya sedikit lebih dewasa. Di mulai dari bencana yang pertama yaitu:

1. BANJIR

Kalo ngomongin soal banjir pasti semua orang tau banjir itu identik banget dengan Jakarta. Iya,karena memang setiap tahunya Ibukota Jakarta selalu dilanda banjir bahkan sudah terjadi sejak zaman kolonial belanda. Banjir menjadi masalah yang sangat kompleks dan serius setiap tahunnya ketika kita omongin di Jakarta. Tapi kalo ngomongin banjir di kampung halaman gue Kebumen terutama di kecamatan Alian (gue yakin pada ngga tau) bakal berubah menjadi masalah yang sederhana. Di kampung gue fenomena banjir cuma meluapnya air sungai yang terjadi di musim penghujan. Banjir justru menjadi berkah tersendiri karena bisa membersihkan sungai dari berbagai sampah dan lumut yang tumbuh di air.

Sekarang pertanyaanya kenapa tiap tahun Jakarta selalu dilanda banjir?

Dan bahkan kota-kota lain juga banyak yang terkena banjir hingga merendam rumah penduduk.

Sebenarnya semua kembali ke diri kita masing-masing. Kita masih kurang tanggap dan kurang memperhatikan lingkungan. Contoh kecilnya ya buang sampah sembarangan. Lo pasti tau sendiri kan gimana sampah begitu brutalnya membabi buta di Jakarta.

Tapi wan,sampah bukan satu-satunya penyebab banjir di Jakarta,ada juga banjir kiriman?

Oke,sekarang banjir kiriman juga gara-gara dari daerah yang lebih tinggi kayak misalkan Bogor tak mampu lagi jadi resapan air soalnya banyak pohon pada ditebangi. Jadi siapa yang salah? Tentu itu salah kita sendiri.

Jadi kalo langkah-langkah kecil seperti itu bisa ditanamkan sejak dini pasti penanganan banjir akan lebih mudah.

2. LONGSOR

Penyebab terjadinya longsor juga ngga jauh beda sama banjir. Apalagi kalo bukan sifat kita yang suka merusak lingkungan dengan menggunduli hutan secara membabi buta dan brutalnya. Adanya pohon itu sangat penting men...tahukah kamu selain bisa meyerap air ketika musim penghujan,pohon juga berguna untuk mengikat tanah dengan akarnya biar tanah itu kuat dan ngga longsor pastinya.

Oke lah kalo emang butuh pohon untuk ditebang,tapi jangan lupa menanam kembali. Ini namanya melestarikan.

Jadi kalo kita bisa lebih menjaga alam ini tentu musibah seperti longsor bisa di cegah,atau paling tidak di minimalisir.

Sebenernya pelestarian lingkungan kayak gini pelajaran gue waktu jaman SD,jadi kalian pasti udah tau kan.

Gue ngga bermaksud menggurui,tapi sekedar mengingatkan. Soalnya semakin kita dewasa justru kita semakin lalai.

3. GEMPA

Disini gue ngga bakal lagi ngomongin lingkunggan karena emang bencana ini ngga terjadi karena hutan gundul atau manusia yang buang sampah sembarangan.
Iya,gempa bumi emang sejatinya terjadi secara alamiah meskipun bisa dilakukan oleh manusia dengan peledakan dinamit atau bom misalnya seperti di Jalur GAZA. Tapi ini kita lagi ngomongin Indonesia yang gempanya emang alami.

Gempa sendiri terjadi karena adanya pergeseran lempengan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi.

Saran gue kalo ada gempa itu ya lo cepet-cepet keluar dari dalam rumah atau gedung sejauh mungkin. Karena apa? Karena takut kalo-kalo gedung atau rumah itu roboh. Dan buat lo yang di deket pantai buru-buru deh lo lari menjauh dari pantai karena takutnya terjadi tsunami.

Perlu diingat,kebiasaan manusia kalo ada musibah yang dipentingin itu nyelametin harta bendanya. Sadarlah nyawa itu jauh lebih penting daripada harta benda. Harta bisa dicari lagi men,kalo nyawa lo cuma punya satu dan itu lebih berharga.

4. GUNUNG MELETUS

Musibah gunung meletus yang sekarang lagi anget-angetnya di Indonesia juga ngga jauh beda sama gempa bumi. Ini musibah yang memang terjadi karena fenomena alam dan itu lumrah.

Sekarang tinggal bagaimana kita menyikapi setiap musibah yang datang itu sendiri.

Musibah gunung meletus mungkin bisa dipandang dengan 3 hal yaitu
-Azab Tuhan bagi mereka yang melalaikan perintah-Nya
-Ujian agar iman kita semakin bertambah
-Berkah

Disini gue lebih seneng nyebutnya gunung meletus itu adalah sebuah berkah. Karena apa? Iya karena abu dari efek gunung meletus itu bisa menyuburkan tanaman apalagi kejadiannya bersamaan musim penghujan,so..itu artinya abunya langsung meresap ketanah.

Dan hubungan dari itu semua adalah upaya pelestarian lingkungan bakal lebih gampang. Jadi entah itu banjir ataupun longsor bisa di minimalisir.

Percayalah,Tuhan memberikan berbagai musibah ini pasti ada tujuannya. Dan pastinya Tuhan tau apa yang terbaik buat kita.

Mungkin Tuhan sedang menguji kita agar iman kita semakin bertambah.
Oke lah,sekarang semua harta benda yang udah lo miliki rusak atau hilang akibat musibah yang terjadi,tapi kita harus percaya kalo Tuhan itu bakal ngasih yang jauh lebih baik dari apa yang udah kita miliki.

Mungkin sekarang kita semua lagi bersedih,berduka,menangis,dan berasa kehilangan segalanya. Tapi kita juga harus tetep yakin kalo bakal ada senyum,ketawa,serta kebahagiaan setelahnya.
Iya,karena gue percaya setiap ada tangis pasti akan ada tawa setelahnya.

Karena Tuhan itu Maha Tau,Maha Adil,dan Maha Segalanya. Jadi menurut gue ini semua hanya proses kecil agar kita semakin baik lagi.

Jadi intinya tugas kita sebagai manusia hanya Berdoa-Berusaha-dan Bersabarlah. Tetaplah waspada dari berbagai musibah yang datang. Jadikan cobaan ini sebuah pembelajaran untuk kedepannya agar kita selalu siap menghadapi kalo-kalo cobaan itu datang lagi.

Mungkin segini dulu postingan dari gue,semoga bermanfaat dan bisa jadi renungan buat kita semua. BYE-BYE.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda :)