Kamis, 22 Mei 2014

Ini Yang Bakal Lo Rasain Setelah Lulus SMA



Cieeee LULUS !!!!  #pic by google


 Gue ngga tau mereka ini siapa,tadi gue liat-liat di sosial media banyak yang pada posting 'GUE LULUS' disertai pic orang-orang yang penuh coretan di bajunya. Terus gue  iseng-iseng aja googling dan nemu pic ini,gue ngga tau kenapa milih ini. Mungkin diantara mereka yang ter-cantik ada yang bakalan jadi calon jodoh gue. Mungkin. #JombloNgarep

Dan belakangan gue sadar kalo sekarang emang lagi musimnya kelulusan. Yup,sekarang ini lagi musim anak-anak sekolah pada lulus. Ngeliat mereka pada masang muka seneng tanpa dosa,gue jadi keinget dulu waktu masa-masa SMA. Iya,gue juga dulu ngerasain apa yang sedang mereka rasakan sekarang,dulu gue juga ngerasain indahnya liat tulisan "LULUS". Semuanya berasa kalo gue itu udah sukses naklukin dunia,dunia persilatan di tingkat SMA tentunya. Meskipun nilai gue ngga jadi yang terbaik di sekolahan,tapi buat gue,gue udah jadi juara buat diri gue sendiri. And i am proud !!!

Tapi dulu gue ngga seheboh anak-anak pada umumnya yang lulus terus pada coret-coret bajunya pake pilok,minta tanda tangan temen-temennya bahkan gurunya di ketek,terus pada mintain cap jempol temen-temennya buat di cap ke nganu nya. Dulu pas denger kalo gue lulus gue cuma bilang 'ohh gue lulus' ya udah gitu aja.

Tadinya pengin sih nglakuin hal yang sama seperti apa yang dilakuin temen-temen gue buat coret-coret baju pake pilok,tapi mendadak niat itu gue urungkan tepat setelah nyokap gue bilang 'wan,besok kalo kamu lulus ngga usah lah ikut coret-coretan baju segala kaya anak-anak lainnya...mama ngga suka' dan gue nurut. Iya,dulu gue emang anak yang baik dan berbakti sama orang tua.



Yang gue pikirin waktu itu adalah gue ngga mau kasus Malin Kundang sampe terulang sama gue. Gue ngga mau durhaka sama nyokap gue. Gue ngga mau cuma gara-gara masalah coret-coretan  baju nyokap gue murka dan akhirnya ngutuk gue jadi batu. Dan akhirnya batu yang berwujud gue itu cuma jadi pelengkap candi-candi di Prambanan dan kemudian cuma jadi peninggalan prasejarah. Sumpah itu serem banget men.

Tapi,sadar ngga sadar lulus SMA itu ibarat Keluar dari nganu nya Sora Aoi, dan masuk ke pantatnya Emon. Pedih menn. (Jangan minta gue jelasin apa itu nganu nya Sora Aoi,siapa itu Sora Aoi dan siapa juga si Emon itu. Plisss). Buat gue masa-masa paling indah ya waktu jaman gue sekolah dulu,SMA tepatnya. Jaman SMAdulu gue bisa punya banyak temen cewe..gue juga punya banyak temen cowo...juga ada yang campuran dari keduanya,cowo yang kecewe-cewe an.

Sekarang....sekarang sih emang gue dapet temen-temen yang baru,tapi tetep aja rasanya ngga kaya waktu jaman SMA dulu. Dan buat lo yang baru pada lulus kemaren,suatu saat lo juga bakal ngerasain apa yang gue rasain sekarang. Dari apa yang udah gue rasain,inilah yang bakal lo rasain setelah lulus sekolah :

1. KANGEN

Ini adalah hal pertama yang bakal lo rasain setelah lulus dari SMA. Mungkin bagi yang baru lulus perasaan ini ngga begitu terasa ya,tapi perlahan tapi pasti lo bakal ngrasain yang namanya kangen. Entah itu kangen sama temen-temen sekolah dulu,kangen sama guru-gurunya,kangen sama suasana sekolahannya,kangen sama seseorang yang dulu pernah kita anggap spesial bahkan secara ngga sadar kita juga kangen sama orang yang paling kita benci.

Kayak gue contohnya,gue kangen banget sama temen-temen SMA gue dulu. Gue kangen sama tingkah-tingkah konyol mereka,kangen becanda-becanda bareng,jajan bareng,nyontek bareng,nyolongin pulpen satu sama lain,kangen godain cewe-cewe kelas lain. Gue juga kangen sama guru-guru yang dulu pernah ngajar gue,dari guru yang selalu ngijinin gue tidur di jam pelajarannya sampai guru killer yang ngga segan-segan ngegampar muridnya kalo nglakuin kesalahan. Iya,kadang gue suka kangen di gampar sama guru terus gue ikutan bales gampar balik. Mihihihi (engga becanda,ngga mungin gue sebiadab itu sama guru sendiri).

Entah mengapa,gue juga suka kangen sama lingkungan sama properti sekolahan. Gue kangen nongkrong di toilet,gue kangen coret-coretin bangku dan meja sekolahan,gue kangen sama kantin sekolah...kangen sama ibu kantin tepatnya. Bukan,bukan karena gue suka sama ibu kantin tapi gue kangen pas momen ngambil gorengan tiga tapi bilangnya ngambil dua. Muehehehe (dulu gue emang licik).

Sekarang gue sadar gue ngga bakalan bisa ngelakuin hal itu lagi,ngga ada lagi gank-gank konyol seperti waktu jaman sekolah. Yang bisa gue lakuin sekarang cuma mengenang. Yup,mengenang masa-masa terindah dalam hidup gue dan kemudian menyimpannya lagi disudut sempit hati gue.

Buat kalian yang baru ngerayain lulusan dengan coret-coret baju. Apakah ngga nyesel secara tidak langsung lo baru aja ngerayain lepasnya diri lo dari momen-momen paling indah dalam hidup lo?

2. BINGUNG NENTUIN MASA DEPAN

Abis lulus dari sekolah tinggal bingung mau ngapain....itu sih yang gue rasain. Dan gue yakin lo juga bakal ngerasain apa yang gue rasain. Hahahaha,,sukurin emang enak rasanya dilema nentuin pilihan mau dibawa kemana hidup lo selanjutnya.

Iya,abis seneng-seneng ngerayain lulusan,selanjutnya lo bakal dituntut menentukan pilihan buat diri lo sendiri apakah lo bakal ngelanjutin pendidikan lo dengan kuliah,lanjut kerja,ngangur atau bahkan mungkin nikah. Semua sih terserah lo. Lo sendiri yang mau ngejalalnin jadi lo sendiri yang harus nentuin. Yang jelas lo bakal ngerasain dilema gara-gara itu semua.

Saran gue sih pikirin dulu mateng-mateng sebelum lo mutusin mau ngapain. Jangan sampai lo kecewa sendiri atas keputusan yang lo buat. Dan selau inget quote gue ini "Hidup lo akan jauh lebih indah tanpa dengan menyesali apapun keputusan yang lo ambil"

3. NGERASA JADI LEBIH MANDIRI

Waktu jaman sekolah dulu masih minta uang jajan sama orang tua,setelah lulus perlahan tapi pasti lo bakal mikir `dan berasa malu kalo harus terus-terusan minta uang jajan sama orang tua. Sadar ngga sadar itulah proses pendewasaan diri menuju kemandirian. Atau paling ngga lo bakal mulai nyuci baju lo sendiri,apalagi buat lo yang milih langsung kerja setelah lulus dan harus jauh dari orang tua. Yang namanya nyuci baju sendiri itu udah pasti. So,nikmatin aja.

4. NGERASAIN LINGKUNGAN YANG BARU

Setelah lo ngerasain indahnya masa-masa sekolah,lo juga baru aja ngrasain indahnya kelulusan maka bersamaan dengan itu lo juga akan kehilangan semuanya. Iya,lo akan kehilangan satu-persatu temen semasa sekolah dulu bahkan ngga peduli se-spesial apapun temen lo itu perlahan kalian akan menjauh satu sama lain. Selanjutnya lo punya kehidupan lo sendiri pun demikian temen-temen lo punya kehidupannya sendiri-sendiri.

Seiring lo kehilangan semuanya,untuk melanjutkan tujuan hidup maka lo akan dihadapkan pada lingkungan yang baru lagi. Yang pengin ngelanjutin kuliah lo bakal ketemu temen-temen yang baru,yang kerja juga bakal ketemu sama suasana baru,pun demikian dengan yang lainnya.

Yup,this is the end of the post....nikmati aja semua prosesnya karena hidup itu adalah tentang perpindahan. Berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain,berpindah dari hal-hal yang udah biasa banget kita lakuin ke hal-hal yang sama sekali belum pernah kita lakuin sebelumnya,sampai akhirnya kita menemukan tujuan dari apa yang selama ini kita inginkan.(anjirrr kata-kata gue. Ngga nyangka gue bisa nulis sebijak ini).

Now Play : Kita Selamanya by Bondan & F2B

2 komentar:

  1. Yang pasti akan ngerasain lingkungan baru yang bisa lebih ramah, atau lebih buruk dari sebelumnya. Sora ai itu siapa? :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda :)