Minggu, 13 April 2014

Tentang Fans Sejati

 Kali ini gue mau bahas tentang fans. Tapi sebelumnya gue cuma mau ngasih tau aja kalo mulai sekarang font artikel gue agak gue perbesar biar lebih keliatan aja. Selama ini gue selalu pake font yang kecil,tapi setelah dipikir-pikir kasian juga kalian yang pada baca pasti matanya cepet cantengan.

Kembali ke topik...


Kalian pasti tau kan apa itu fans? Iya,fans itu adalah sebutan dari penggemar atau bisa juga disebut pengagum. Setiap orang pasti punya kesukaan sendiri-sendiri,ada saja sesuatu yang di idolakannya entah itu tentang musik,tokoh-tokoh tertentu,hingga tentang sepakbola.


Kali ini secara khusus gue mau ngomongin tentang fans sepakbola. Loh wan kok cuma sepakbola sih? Kenapa ngga yang lain? Ya sebenernya sama aja sih maknanya...cuma kalo sepakbola lebih umum aja. Sekarang siapa sih yang ngga kenal sepakbola? Sepakbola bukan lagi sesuatu hal yang asing buat di bicarakan. Dari anak-anak kecil,tua muda,cowok bahkan hingga cewek pun sekarang mengaguminya.


Selain itu gue juga seneng banget sama yang namanya sepakbola. Buat sebagian temen-temen deket gue pasti udah tau lah gue ini pengagum berat salah satu club bola dari liga inggris yaitu Chelsea FC (Istilah lainnya nge-fans). Ya meskipun gue ini ngga pernah bisa main sepakbola,tapi seengganya gue bisa main bola yang lain...bola bekel misalnya.


FYI,kemaren chelsea baru aja lolos ke semi-final liga champions 2013/2014. Tentu saja gue sebagai fans seneng ngeliat tim kesayangan gue bisa melaju sejauh itu,apalagi kalo bisa sampe tembus ke final dan akhirnya juara. #NgarepTapiOptimisBisa


Dan gara-gara itu ,kemaren gue dapet BBM dari temen gue yang isinya dia mau ngajakin gue taruhan.





Yup,temen gue ini emang doyan taruhan,meskipun dia terus ngajakin gue tapi gue tetep pada keyakinan gue,gue terus nolak. Bukan karena gue cemen,tapi gue emang udah janji sama diri gue sendiri kalo gue udah ngga mau taruhan lagi. Kecuali taruhannya kalo gue kalah gue dapet Motor Ninja,kalo gue menang dapet Honda Jazz mungkin bakal gue pikirin lagi. Muehehehe



Karena gue selalu nolak ajakannya,sampe temen gue BBM lagi dan dia bilang kalo gue berarti bukanlah fans sejati. Katanya "Fans sejati itu yang rela ngeluarin budgetnya secara cuma-cuma" (buat taruhan). Gue sempet bengong,gue mikir kata-kata dia itu.


Buat gue fans sejati itu simple...tau sejarah club,selalu mendukung menang atau kalah,tidak menghujat yang ada didalamnya dan terus nonton pertandingannya.


Kalo kata temen gue tadi ngeluarin budgetnya secara cuma-cuma,dari pada buat taruhan mending buat beli jersey ori resminya dan segala aksesoris resminya karena itu jelas-jelas udah membantu keuangan club. Iya,secara ngga langsung dengan kita membeli jersey ataupun aksesoris resminya itu berarti kita udah ngasih pemasukan buat club yang bisa digunain untuk menggaji pemainnya. Atau dengan kita menonton langsung pertandingannya,kita beli tiket itu berarti juga ngasih pemasukan buat club. Ini loyalitas namanya.


Tapi kalo kita fans club-club eropa yang ngga memungkinkan buat nonton langsung ke stadionnya,ya kita cuma perlu duduk nonton di layar kaca sambil bantu doa untuk yang terbaik buat club.


Tapi pertanyaan gue masih tentang  Apakah fans sejati harus taruhan? Terus keuntungannya buat club yang dikaguminya itu apa? Semua pertanyaan-pertanyaan itu gue tanyain sama temen gue dan dia jawab: "sama aja,dengan taruhan kalo kita menang duitnya bisa dipake buat beli jersey atau aksesoris remi club. Bisa juga dipake buat nonton pertandingannya langsung ke stadion dan itu semua artinya kita juga membantu pemasukan club.


Denger jawaban itu gue terdiam,masuk akal juga yang dia katakan. Gue mulai sadar kalo kita ngga bisa nge-judge seseorang hanya karena pendapatnya atau cara yang dilaluinya berbeda sama kita. Iya,terlepas dari salah atau tidaknya jalan yang dilaluinya...Bahkan sekalipun jalan yang dilaluinya salah kita cuma harus tetap menghormatinya.


Dan lagi-lagi seperti pepatah "Banyak Jalan Menuju Roma". Semua orang berhak menentukan jalannya sendiri sama seperti pandangannya tentang arti sebuah fans sejati. Semua orang berhak memiliki opini yang berbeda-beda apa itu fans sejati tapi pada akhirnya tujuan kita sama yaitu mendukung club yang kita sukai.


Seperti halnya beberapa pendapat temen-temen gue di bawah ini. Iya,kemaren gue tanyain beberapa temen gue baik lewat bbm,facebook,dan twitter tentang arti fans sejati. Gue seneng karena banyak yang jawab,ya mungkin mereka pada takut soalnya gue ancem kalo yang ngga mau jawab gue sumpahin eeknya susah. Muehehehe becanda.


Dan berikut opini atau pendapat mereka tentang arti dari fans sejati.


-Irwan siswanto : "Fans sejati itu yang rela ngeluarin budgetnya secara cuma-cuma" (Fans Liverpool)


-Lienz (Helin Kusuma Ningsih kalo ngga salah) : "Fans sejati menurutku mencintai club dalam keadaan menang ataupun kalah" (Fans Real Madrid)


-Kiki Yuristika Nurmasanti : "Fans sejati itu ya kalo misalnya chelsea kalah atau menang kita tetep dukung dia" (Chelsea Fans)


-Tegar Emboaba El-Nino : "Fans sejati itu smple,cukup terus dukung disaat kalah,menang dan imbang" (Chelsea Fans)


-Wuri H Praptomi : "Selalu memberikan jempol apapun yang terjadi . Selalu memberikan suport dalam keadaan apapun. Jangan datang ketika menang dan jangan pergi ketika kalah,tetap bersama selamanya" (Fans Barcelona)


-Pepe Mlegedes Kliierr : "Fans sejati mendukung saat tim bertanding walau kalah atau menang...dan menjaga loyalitas terhadap suporter anggota dan tim" (Fans Persib)


-Ikhwan Calexana : "Selalu mendukung walaupun lagi terpuruk...Go MU" (Fans Man.United)


-Ayeess : "Fans yang selalu setia mendukung timnya dalam keadaan apapun dimanapun tanpa kecuali disaat jaya atau terpuruk,dan membuat timnya kembali bangkit disaat kondisinya terpuruk" (Chelsea fans)


-Agnesiads : "Buat aku ya fans sejati itu selalu mendukung timnya,tau,mengikuti,dukung pas kalah menang,ngga menghujat siapapun didalamnya...intinya selalu mendukung tim secara positif dan loyalitas tinggi" (Fans Man.United)


-I'M Asrofi : "Bagiku fans sejati paling ngga tau tentang idolanya(Chelsea Fc). Ngga mau kalah debat dengan club lain. Tetep membesarkan nama chelsea. Segala tentang chelsea pasti suka,entah aksesoris,baju chelsea atau yang lainnya. Jika aku ALAY namaku udah diganti jadi 'Asrof yang celalu cetia ama chelsea campe mati'(kocak). (Chelsea Fans)

-Ahmael Rezkiiky : "Sejati tak pernah mencaci baik tim sendiri atau tim lawan. Acuhkan cemooh dari fans lain yang menghujat atau mencari-cari celah masa lalu. Aku ngga peduli sama omongan atau hujatan orang. Apalagi dulu juve punya masa lalu yang kelam dengan terdegradasi" (Fans Juventus)


-Erik Pinturichio Wibowo : "Tidak mencaci pemain atau pelatih walaupun kalah ataupun klub sedang terpuruk. Dan ngga usah terlalu namnggepin omongan fans lain yang iri. kalo ngoceh ya tanggepin dengan santai kalo masih ngoceh terus ya jejek aja mulutnya" (Fans Man.United)


Yup,dari semua pendapat mereka intinya selalu mendukung sepenuhnya idola (club) yang kita cintai apapun yang terjadi. Gue salut sama mereka semua.


Dan dari semua pendapat mereka itu,gue tau satu hal. fans sejati itu dari hati...Iya,kayak gue...mereka melakukan semua itu dari hati mereka yang tulus tanpa ada paksaan dari siapapun. Ngga ada juga keterpaksaan yang menyelimuti mereka. Ini juga berlaku buat semua fans bukan cuma yang nge-fans sama club bola.


Kayak kita mengagumi pacar atau gebetan kita aja,sejelek apapun,senyebelin apapun tapi kalo kita udah suka dari hati kita maka akan tetep bertahan mencintainnya dan ngga mau pindah kelain hati.


Oke,mungkin segini dulu,gue udah cape nulis lagipula tulisan gue kayaknya emang udah panjang banget ngga karuan. Gue ngga mau dituduh perusak masa depan orang gara-gara orang tersebut matanya belekan permanen akibat baca artikel gue. Gue juga ngga mau bertanggung jawab kalo semua itu sampe terjadi.


Seperti basa,tulis aja di comment box kalo ada kritik dan saran,atau mungkin ada yang bersedia nambahin opininya tentang arti fans sejati.

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda :)