Kamis, 06 Maret 2014

Tips Memilih Modem

Haloooo. . . . . Olalalaaaaa

Akhirnya gue bisa nulis dan nyapa kalian lagi di blog ini. Maafkan atas kehilafan gue selama ini karena beberapa hari ini gue ngga sempet ngepost artikel lagi. *Gue udah serasa jadi bloger yang murtad*
Akhir-akhir ini gue emang lagi sibuk banget sama urusan gue sendiri didunia nyata ditambah lagi sekarang gue punya mainan baru.

Iya,jadi ceritanya gue kemaren beli leptop baru dan gue keasikan ngoprek tuh leptop,saking asiknya gue sampai lupa cebok. Dan karena leptop itu pula,fix 3-4 bulan kedepan gue bakal makan indomi. Beginilah kehidupan anak kost pemirsah,pengin beli sesuatu harus berkorban dulu.
jadi kalo diantara kalian ada yang merasa iba ngeliat kondisi gue yang mungkin 3-4 bulan kedepan bakalan kayak fosil Pithecanthropus Erectus, silahkan galangkan dana kalian dalam #KoinPeduliIwan dan mention gue ditwitter @i_oneNgarifin .

Tapi lupakan leptop baru gue,disini gue mau nulis tentang gimana caranya memiliih modem yang cocok buat kalian. Iya,soalnya gara-gara gue beli leptop gue juga harus keranjingan buat beli modemnya. kan ngga mungkin gue selalu ngandelin wifi gratisan di pabrik atau ke cafe tiap hari cuma mau numpang wifi gratisan.


Makanya gue bela-belain beli modem buat berselancar internet di kost-kostan. Tapi naas,gue malah harus keluar duit dobel gara-gara gue beli modem yang salah.
Jadi ceritanya kemaren gue beli modem yang iklannya menggiurkan banget,sebut saja merknya Bolt. Dengan jaringannya yang udah mendukung 4G dan katanya itu pertama di Indonesia. Ditambah lagi dikasih kuota gratis super banyak dengan 8GB,siapa sih yang ngga tergiur buat beli. Gue bisa ngebayangin dengan jaringan yang udah 4G itu modem kalo dipake bakalan cepet banget kayak motrnya Marc Marquez. Dan sebagai anak kost gue juga ngga perlu mikir lagi kalo udah dikasih kuota gratisan 8GB.
Setelah gue beli dan ngejajal modemnya.... #jlebb gue kena PHP sendiri karena ditempat gue ngga ada sinyalnya. Gue udah coba unlock modemnya tapi ngga berhasil,gue coba tanya-tanya ke toko bangunan di daerah gue hasilnya nihil. Terpaksa gue beli modem lagi yang GSM biar bisa suport di daerah gue.

Gue sih ngga bisa mengkritisi perfomanya si Bolt itu soalnya gue juga belum nyoba,tapi gue kesel sama pihak Bolt kenapa di daerah gue belum ada jaringannya. Ini tuh ibarat gue keselek biji salak terus pantat gue kesumpel biji salak tersebut. #PedihMennnn

Dan mengacu pada apa yang udah gue alami di atas makanya gue mau berbagi tips membeli modem dengan memperhatikan berbagai aspek biar ngga nyesel kayak gue. CEKIDOOOTTT

1. SURVEI LOKASI

Yup,pertama-tama yang harus lo lakuin adalah dengan mensurvei lokasi dimana lo tinggal. Cari tau dulu kekuatan dan kualitas sinyal semua provider yang ada di daerah lo biar lo nantinya bisa milih modem yang pas. Ini penting,jangan sampai kejadian yang gue alami terulang sama lo. Gara-gara ngga memperhatikan kondisi lapangan gue malah salah beli modem.

2. PILIH MODEM SESUAI TEMPAT TINGGAL

Setelah survei lokasi di daerah lo,selanjutnya tinggal pilih modem yang pas dan cocok dengan daerah dimana lo tinggal. Maksudnya disini adalah lo tinggal milih jenis modem yang ada seperti GSM atau CDMA  sesuai sinyal yang ada di tempat lo. Atau mungkin lo mau milih paket modem yang udah bundling kayak Bolt misalnya,itu terserah yang penting jaringannya suport di daerah lo tinggal.

Jangan sampai lo beli modem misalkan CDMA atau yang bundling kayak Bolt tapi malah ngga bisa dipake gara-gara ngga dapet sinyal. Itu sayang banget men. Tapi misalkan lo tinggal di kota besar seperti Jakarta yang mungkin udah suport semua provider itu malah menguntungkan,lo tinggal milih sesuai keinginan lo aja.

3. LIHAT SPESIFIKASINYA

Oke,biasakan kalo lo beli sesuatu khususnya barang atau gadget liat dulu spesifikasinya sesuai ngga sama yang lo butuhin. Karena banyak banget orang yang nyesel membeli barang gara-gara kurang teliti membaca spesifikasinya atau bahkan mengabaikannya.

Beli barang itu barat nyari pacar,kita harus cari tau dulu seperti apa orang itu. Apa kebiasaanya,apakah dia biasa ngupil ditempat umum atau tidak. Apa kesukaanya,apakah dia sukanya eek di lantai atau tidak.Apa makanan dan minuman favoritnya. Begitupun dengan membeli barang,jangan sampai barang yang udah kita beli malah bikin nyesel.

4. KECEPATAN MODEM

Pilihlah modem yang suport kecepatan wus-wus biar lo ngga banting leptop lo gara-gara emosi modemnya lemot. Poin ini berhubungan dengan poin sebelumnya,dengan kita melihat spesifikasi modem tersebut kita bisa tau seberapa cepat modem itu.

Emang sih semua kembali lagi bergantung pada jaringan yang di gunakan,tapi setiap modem juga mempunyai kecepatan yang berbeda-beda meskipun ada pada jaringan yang sama. Oleh karena itu memilih kecepatan modem sangat diperlukan. Sebagai contoh,ada modem yang kecepatanya mencapai 3,6 Mbps atau 7,2 Mbps. Atau mungkin ada juga yang kecepatannya mencapai 21 Mbps sampai 28,8 Mbps. Dan yang lebih gila lagi ada yang kecepatannya sampai 72 Mbps kayak yang dimiliki modem Bolt.

Semua bisa lo pilih sesuai kebutuhan masing-masing dan juga budget masing-masing. Muehehehehehe

4. MERK MODEM

Gue ngga tau ini berpengaruh besar atau tidak,tapi usahakan belilah modem dengan merk-merk yang sudah ternama dan sudah teruji kualitasnya. Beberapa merk modem dikenal memiliki penangkapan sinyal yang bagus,tahan panas,dan tentunya awet. Dan yang lebih penting merk-merk terkenal biasanya lebih mudah diklaim garansinya kalo ada kerusakan daripada merk-merk yang baru dipasaran.

Tapi biasanya sebagian orang lebih memilih merk yang biasa-biasa aja dengan alasan lebih murah dan terjangkau. Sah-sah aja sih,tapi asal kalian tau sekarang itu istilahnya "Rega nggawa Rupa" . Iya,harga itu menentukan kualitas,semakin mahal harganya ya semakin bagus pula barangnya. Dan semakin murah harganya,ya semakin pas-pasan juga barangnya.
Jadi buat gue ngga masalah harganya lebih mahal dikit,asalkan kualitas barang yang gue dapet lebih oke.

Oke,segini dulu aja dari gue,kalo kalian ada tips dan saran yang lain yang belum gue tulis disini....tulis aja di coment box.

WASALAM :)

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda :)