Rabu, 28 Mei 2014

Sebuah Cita-Cita

Kali ini gue mau nulis lagi dan mungkin tulisan gue kali ini agak sedikit lebih serius ya. Oke,bentar...sebelum nulis panjang lebar gue siapin dulu segala keperluan yang biasa gue butuhin disaat menulis. Pertama,kopi sachetan atau kalo ngga susu anu. Iya,SUSU. Terus rokok,terus lagi cemilan.
Mmmm...bentar-bentar kayaknya ada yang kurang,satu lagi jamban bersih buat kalo-kalo gue kehabisan ide gue bakal nongkrong dulu disitu. Kenapa harus jamban? Gue juga ngga tau kenapa,yang jelas buat gue jamban itu tempat dimana gue bisa dapet ide-ide brilian.

Sekarang gue mau ngomongin tentang Sebuah Cita-Cita. Gara-garanya kemaren gue di curhatin sama temen gue. Maklum saja,gue ini jomblo jadi gue selalu dianggap sebagai tempat yang pas buat meluapkan segala keluh kesah temen-temen gue. Ya emang kesannya gue ini lebih mirip kayak tempat sampah. But it's oke,ngga masalah buat gue selagi temen-temen gue ngerasa nyaman curhat segala hal sama gue.

Temen gue ini... sebut saja namanya Handoyo ( Bukan nama asli tapi kedengerannya lebih mirip nama Agen Bus Malam. Bodo amat,satu-satunya nama yang terlintas di otak gue ya itu). Handoyo ini temen satu kampung gue yang secara kebetulan ketemu sama gue disini,di Tangerang. Sebenernya di kampung gue juga jarang banget ketemu sama dia,satu sekolahan juga ngga pernah tapi ya gue kenal.

Dia cerita panjang lebar sama gue tentang cita-citanya serta harapan-harapannya di masa depan. Denger cerita dia,yang tadinya gue tiduran tanpa gairah mendadak gue bangun memasang ekspresi mupeng diikuti kumis gue yang ngetril di atas bibir dan gue sambil mencoba memasuk-masukkan bulu hidung yang sedikit sembrono karena telah keluar dan menjuntai indah. Tanpa sadar tangan gue juga mulai gue letakan di dagu sambil mengelus-elus jenggot gue yang lebih mirip bulu ketek. Iya,untuk ukuran remaja unyu yang belum genap 21 tahun,pertumbuhan bulu-bulu di tubuh gue emang ekstrim.
Kalo denger cerita tentang cita-cita gue emang selalu tertarik,gue seneng karena kalo ngomongin cita-cita itu ngga ada abisnya,selalu memberi gue harapan dan selalu bikin gue tertantang untuk mewujudkannya.

Pic by google
Handoyo cerita mulai dari perjalanannya selama lebih dari 3 tahun kerja di Tangerang, perjuangannya, pengorbanannya dari nganggur sampe dia bisa kerja. Dia juga cerita tentang cita-citanya untuk bisa kerja di sebuah Perusahaan yang bonafit dan sekarang tingga selangkah lagi mimpi itu bakal jadi kenyataan. Dia juga cerita tentang cita-citanya untuk bisa ngebahagiain orang tuanya bahkan dia janji kalo dia bisa ketrima di Perusahaan yang dia inginkan itu dia bakal lebih sering menyisihkan hasil kerjanya buat dikasih ke orang tuanya.

Denger cerita temen gue ini gue seneng,alhamdulillah meski gue ngga kerja di Perusahaan bonafit  dan gaji gue juga ngga seberapa,tapi untuk urusan ngasih ke orang tua tiap bulannya gue ngga pernah lupa. Ya,mungkin semua itu karena sekarang gue adalah tulang punggung utama keluarga. It's oke,gue menikmati semua itu.

Tapi gara-gara cerita temen gue yang begitu ambisius mewujudkan cita-citanya itu,gue jadi termenung sejenak...gue mikir,gue juga punya cita-cita. Iya,gue juga punya cita-cita yang mesti gue wujudkan dalam beberapa tahun kedepan. Pertama gue pengin ngelanjutin study gue yang terhenti hanya ditingkat SMA karena berbagai alasan. Dan yang kedua,gue pengin suatu saat nanti gue bisa jadi seorang penulis seperti Raditya Dika atau Alitt Susanto.

Itu artinya gue punya dua cita-cita yang mesti gue wujudin yaitu Kuliah dan Jadi Penulis. Ngga gampang emang buat mewujudkan itu semua,apalagi jadi seorang penulis terkenal kayak Raditya Dika atau Alitt Susanto. Tapi gue tetep yakin gue bisa ngelakuin itu. Sekarang kalo mereka bisa,kenapa gue engga.

Untuk sementara ya itu dulu cita-cita yang gue bakal capai. Karena gue yakin akan sifat manusia yang ngga akan pernah puas dengan apa yang sudah dia dapat,gue juga bakal sama kayak yang lainnya. Setelah dua cita-cita itu gue raih pasti suatu saat nanti akan muncul cita-cita yang lainnya.

Sekarang,kalo gue ditanya "Apa Sih Pentingnya Sebuah Cita-Cita Itu Wan?"

Maka gue jawab; "Jelas Penting Banget".

Buat gue,cita-cita itu selalu memberikan kita harapan. Iya,harapan agar hidup kita terus berubah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Cita-cita juga membuat kita tau kemana arah dan tujuan hidup kita. Lo bisa bayangin kan kalo hidup lo tanpa memiliki arah dan tujuan yang jelas. Buat gue pribadi yang ngga tau arah mana Barat,mana Timut,mana Utara atau Selatan aja udah nyusahin karena gue selalu kesasar kalo mau pergi kemana-mana apalagi kalo ngga tau arah dan tujuan hidup....ngga cuma susah lagi,salah-salah malah terjerumus dalam jurang kehancuran dan itu serem men...

Selain itu,cita-cita juga bisa memberikan kita semangat. Yup,semangat untuk terus melangkah kedepan hingga kelak cita-cita kita bisa terwujud. So,buat gue cita-cita itu penting men,karena tanpa sebuah cita-cita hidup kita ngga akan kemana-mana dan stuck di situ-situ saja tanpa ada perubahan. Dan gue yakin lo ngga pengin kan kayak gitu,disaat temen-temen lo cerita dengan rasa bangga telah menggapai cita-citanya sedangkan lo cuma bisa ngliatin dengan rasa penyesalan karena lo ngga pernah ngelakuin apa-apa.

And this is the end of the post...

Terelepas dari itu semua,sebuah cita-cita bakal ngga ada artinya tanpa sebuah doa dan usaha yang keras untuk mewujudkannya. Jadi niat aja ngga cukup,se niat-niatnya kita kalo tanpa disertai doa dan usaha maka cita-cita kita hanya akan menjadi sebuah angan-angan. Doa aja juga ngga bakal cukup,pecuma doa sampe bibir berdarah-darah kalo ngga ada usahanya ya percuma. Begitupun dengan usaha saja,biarpun usaha kita udah maksimal sampe dengkul pada copot tanpa ada doa dan tuhan ngga mengijinkan ya ngga ada artinya.

So,semua harus seimbang...niat sih pasti,tapi harus disertai doa dan usaha yang keras.

Ngga cuma sampe disitu,sebuah cita-cita juga ngga bakal mudah dicapai semudah kita buang ingus yang tinggal CROOOT doang. Bahkan eek aja perlu usaha ngeden biar eek kita keluar dan jatuh di jamban,apalagi cita-cita. Kita harus siap dengan segala rintangan yang menghadang dan jika kita nyerah berarti itu artinya cita-cita kita hanya akan jadi angan-angan.

Kayak gue,waktu gue bilang ke temen-temen satu kerjaan kalo gue pengin jadi penulis belum apa-apa mereka malah ngetawain gue. Tapi apa gue bakal nyerah gitu aja? ENGGA !!! ngga akan,,gue malah semakin termotifasi buat ngebuktiin ke mereka kalo gue bisa.

Pic dari sini

Jadi sekarang buat lo yang baca postingan gue ini,apa sih cita-cita kalian? Kalo boleh tau silahkan di share di comment box biar gue dan yang lainnya jadi ikut termotifasi... :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda :)