Kamis, 16 Januari 2014

Kerja atau Kuliah?

"Tono,kita kan udah kelas 3 nih,aku SMA sedangkan kamu SMK. Terus rencana kamu ngapain abis lulus sekolah nanti?" Tanya Munaroh sambil eek di kali. "Ngga tau nih roh,aku masih bingung antara kuliah atau kerja ." Jawab Tono yang sambil jedot-jedotin kepalanya ke pohon pisang. "Penginnya sih kuliah,tapi kan kamu tau sendiri kondisi keluargaku. Kayaknya ngga memungkinkan banget buat aku kuliah. Lah kamu sih?"Ucap Tono lagi . "Kalo aku sih kuliah Ton,orang tua ku udah ngijinin" jawab munaroh yang dari tadi ngga kelar-kelar eek nya.


 Sering ngga sih lo ngliat kasus yang kayak di atas,atau bahkan pernah ngalamin?. Kalo gue sering banget. Bahkan gue juga pernah ngalamin dilema yang kayak gitu. Gue kasih tau,masa depan itu disiapin bukan ditunggu. Kalo lo aja masih bingung nentuin masa depan lo,gimana lo mau ngejalanin ke depannya. So,siapin masa depan lo sedini mungkin biar lo ngga nyesel pada akhirnya. Karena semua keputusan ada di tangan lo,lo yang nentuin jalan lo sendiri. Jadi mau kuliah atau kerja . Saran gue sih kalo lo bisa dan orang tua lo mampu buat nguliahin lo mending kuliah aja .
 Kalo lo nanya "emang perlu ya kuliah" jawabanya "iya ". Karena apa ? Gue jelasin



1. KULIAH
    Kenapa harus kuliah ? Pertama lo dapet ilmu(itu pasti),pengalaman,dan atmosfer persaingan yang baisanya bakalan banyak di dunia kerja nanti. Tapi yang paling utama lo bakalan bisa lebih ngembangin potensi lo sesuai minat dan bakat yang miliki sesuai jurusan yang lo pilih.
Iya karena hidup itu untuk belajar bahkan sampe kita tua pun masih harus belajar. Memang belajar ngga harus di bangku kuliah,tapi kalo lo belajar sendiri tanpa ada yang nge bimbing lo bakalan susah buat berkembang. Tapi inget kuliah itu ngga kayak yang lo biasa liat di tv.(Berangkat kuliah-pacaran-jalan-jalan dll) kalo kaya gitu gue juga mau . Mungkin kuliah ngga bisa jamin lo bakalan sukses,bahkan di luar sana banyak orang sukses tanpa harus ngalamin yang namanya kuliah. Tapi seengganya kesempatan lo lebih besar buat sukses. Karena apa ? Ya karena potensi,bakat serta skill lo udah kebentuk dengan matang,lo tinggal nyalurin aja apa yang udah lo dapet selama kuliah. Oke kalo misal lo ngga bisa dan ngga ada niat buat kuliah mungkin pilihannya kerja . Iya kerja . Buat apa ? Gue jelasin

 2.KERJA
    Kenyataanya ngga sedikit orang yang milih kerja ketimbang kuliah. Alesannya macem-macem,ada yang karena berasal dari keluarga kurang mampu dan ngga bisa nglanjutin sekolah ke jenjang lebih tinggi. Ada juga yang emang udah males dan bosen mikir buat sekolah lagi jadi dia mutusin kerja dll. Ngga salah emang,tujuan mereka cuma satu "nyari duit dan dapet penghasilan". Iya buat menuhin segala kebutuhan nya. Pada akhirnya kita bakal ngrasin yang namanya kerja ,entah itu kerja buat usaha lo sendiri atau orang lain.
 Gue sendiri juga kerja ,tapi bukan berarti gue ngga pengin kuliah... Asli pengin banget. Terus kenapa ngga kuliah ? Iya karena suatu alasan gue nunda keinginan gue itu. Gue pengin nunggu waktu yang pas aja . Kalo ibarat perang gue lagi nyiapin amunisinya. Kan ngga lucu kalo gue perang dengan tangan kosong sedangkan musuh gue udah siap dengan nuklir yang siap di ledakan.hehe ngerti kan maksud gue.

3.KERJA sambil KULIAH
  Nah mungkin ini solusi yang paling pas buat lo yang pengin banget kuliah tapi ngeluh karena keterbatasan biaya,iya kerja sambil kuliah. Kalo lo mampu dan bisa kenapa engga ? Dengan begini lo ngga perlu lagi ngebebanin orang tua lo karena lo bisa ngebiayain kuliah lo sendiri. Lo juga bisa beli kebutuhan penunjang gengsi dengan hasil keringat lo sendiri. Tinggal pinter-pinteran aja lo ngebagi waktunya antara kerja dan kuliah.

 Mungkin segini dulu postingan dari gue,sekali lagi semua keputusan ada di tangan lo sendiri karena lo yang bakal ngejalanin. Jangan sampe lo nyesel ama keputusan lo sendiri. Bye-Bye....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda :)