Sabtu, 07 Juni 2014

Hal-Hal Yang Biasa Dilakuin Di Masa Kecil

Selamat malam muda mudi masa kini....... *ala dodit*

Malem-malem gini kebangun ternyata rasanya itu ngga enak banget men... Kepala puyeng,mata menyala,persis kayak tukan tekling babi. Apalagi bangunnya dalam posisi laper...bagi seorang anak kost kayak gue sumpah ini nyiksa banget. Mau keluar nyari makanan warung ngga ada yang buka. Kalaupun ada yang jualan malem-malem gini gue yang curiga,kaki penjualnya masih napak ke tanah apa engga.

Mencoba acuh dengan kondisi perut,pikiran gue malah lari ke masa lalu membayangkan hal-hal yang udah gue lakuin di masa kecil. Ngga tau kenapa tiba-tiba gue jadi kepikiran masa kecil gue dulu yang setiap kegiatan atau aktifitas yang gue lakuin itu semua berasa menyenangkan. Apalagi kalo udah main bareng temen-temen,saking asiknya bisa sampe lupa waktu. Sesuatu yang sangat jarang gue dapet di masa-masa sekarang ini....Kadang mikir,,gue pengin sesekali balik ke moment-moment itu lagi.

Pic taken from here
Dan mumpung otak gue masih dalam kondisi nostalgia masa kecil,sekarang gue mau sharing tentang hal-hal yang dulu sering gue lakuin di waktu kecil. Langsung aja yuk CEKIDOOOT !!!!

1. MAIN UJAN-UJANAN

Jaman gue kecil dulu yang namanya main ujan-ujanan itu udah ngga ke itung seringnya. Iya,anak kecil mana yang ngga seneng ujan-ujannya...gue yakin waktu kecil kalian pasti juga suka. Setiap kali melihat ke langit udah keliatan mendung,gue pasti udah siap-siap nunggu ujan dengan perasaan ngga sabar bareng temen-temen gue dulu. Tentu saja gue sangat rindu moment seperti ini.


Di usia gue yang sekarang ini,hal semacam itu tentu saja udah ngga pernah gue rasakan lagi. Jangankan main ujan-ujanan,sama ujan aja orang-orang se usia gue ini malah pada takut...termasuk gue. Sekarang,kalaupun seandainya gue ujan-ujanan sambil lari-larian,manggilin temen-temen sekampung, terus ujan-ujanan sambil telanjang,mungkin gue bakalan di ketawain sambil di teriakin " Orang Gila ".

2. MAIN KELERENG

Dulu waktu gue kecil,kalo cowo ngga main apa ngga bisa main kelereng itu ngga ghaoolL mennn....ngga LAKI. Karena laki itu ngga minum rasa-rasa *lahhh #JombloSalahFokus
Atas dasar itu,untuk menjaga harkat dan martabat gue sebagai seorang laki-laki sejati gue ikut-ikutan main kelereng. Iya,jaman gue kecil dulu gue emang suka banget yang namanya main kelereng. Bahkan berangkat ke sekolah pun gue selalu bawa yang namanya kelereng.

Jadi setiap kali jam istirahat tiba,gue sama temen-temen pada ngumpul di halaman sekolah terus mainin tuh kelereng rame-rame. Ngga sampe disitu,abis pulang sekolah pun gue sama temen-temen gue langsung main kelereng lagi. Jadi pulang sekolah gue cuma ganti baju terus main lagi sama temen-temen. Kalo udah kayak gini,gue ngga bakalan udahan main kelerengnya sampe.....mmm sampe nyokap gue dateng manggil gue dan teriak-teriak " Iwan...balik udah sore !!! Main terus,dari siang belum makan lagi !!! Mau jadi apa bangsa ini !!! " sambil narikin kedua kuping gue dengan membabi buta. ( Dulu nyokap gue emang lebih mirip satpam komplek. Dan alhamdulillah sekarang masih...pfft ).

3. MAIN SEPEDAAN

Gue inget dulu waktu gue kecil suka banget naik sepeda. Ngga cuma seneng sepedaan,gue juga suka banget numpahin kreatifitas ke sepeda gue. Dari jeruji roda sepeda yang gue kasih botol air mineral bekas biar keluar suara " Brum...Brum..Brum " kayak motor,nempel-nempelin stiker di sepeda sampe penuh yang jadinya gue lebih mirip kayak tukang jualan stiker keliling,bikin rem injek pake kayu biar kalo nge-rem kayak motor-motor pada umumnya,sampe sepedanya gue bikin jadi banyak lampunya dengan berbagai warna.

Karena ide gue itu,temen-temen gue pada ngikutin masangin lampu di sepeda mereka masing-masing dan ngajakin main sepeda tiap malem. Dulu setiap kita pulang ngaji abis isa ( Dulu gue emang anak yang soleh), kita rame-rame main sepedaan dengan sepeda yang udah di hiasi lampu-lampu dengan berbagai warna. Semua itu kita lakuin bukan buat olahraga,tapi buat pamer doang kalo sepeda kita itu keren. Lagian mana ada olahraga malem-malem.

Sekarang,setiap kali gue pulang kampung dan main ke alun-alun kota kelahiran gue Kebumen,gue selalu liat banyak banget sepeda-sepeda yang sudah di hias dengan lampu warna-warni di sewain. Dan secara sadar semua itu ngingetin gue tentang masa kecil gue dulu bareng temen-temen...sambil bergumam " Gue juga dulu pernah main ginian...nyoba lagi ahh siap tau gue beruntung dan dapet Honda Jazz" *Lahh dikira lotre*

4. MAIN PETAK UMPET

Dulu kalian sering ngga main petak umpet...gue sering banget sumpah. Dulu waktu kecil hampir tiap malem abis ngaji ( Lagi-lagi abis ngaji karena dulu emang gue anak yang soleh ) gue sama temen-temen gue selalu main petak umpet. Tapi yang gue mainin bukan petak umpet pada umumnya dimana main petak umpetnya per-orangan. Yang biasa gue mainin ini petak umpet berkelompok misal lima orang vs lima orang dimana ada lima orang yang ngumpet dan ada lima orang yang jaga.

Sebenernya sama kayak petak umpet biasa hanya ini  di kelompokkan,tapi bedanya mainnya tangkep-tangkepan bukan cuma main tunjuk. Jadi kelompok yang jaga harus bisa nangkep kelompok yang ngumpet. Dan misalkan ada salah satu anggota dari kelompok yang ngumpet ketangkep itu artinya semua anggotanya ikut ketangkep. Pokoknya seru lah.

Dan jaman main petak umpet dulu,herannya kita ngga pernah ngeraasa takut meskipun mainnya malem-malem dan ngumpetnya itu ditempat-tempat yang gelap. Satu yang bikin gue nyesek kalo gue ikutan pasti gue selalu jadi orang yang selalu di umpetin. Ngerti kan maksudnya. Jadi gue ngga boleh ikut kejar-kejaran kayak temen-temen lainnya dan hanya disuruh ngumpet di tempat yang ngga mungkin bisa ditemuin.

Nasib,emang sih dulu gue itu bego,setiap dikejar bukannya lari gue malah jongkok sambil tutup mata dan berharap yang ngejar gue itu hilang ingatan atau pas lagi ngejar gue dia kepleset terus jatuh terus kepalanya kebentur batu terus bocor terus gue ketawa licik didepan dia. Ya tapi itu semua cuma harapan gue aja sampe gue pasrah ketangkep.

Misal kalaupun gue bisa lari,paling gue cuma kuat beberapa meter sebulum akhirnya gue ketangkep-ketangkep juga. Iya,mengingat gue ini kecil,kaki gue ngga panjang,atau bisa disebut gue ini kontet,plus gue ini bego...makannya gue cuma disuruh ngumpet di tempat yang aman. Tapi dulu gue ngga pernah ngerasa berkecil hati dan pesimis,ngga tau kenapa gue justru malah ngerasa diperlakukan spesial layaknya raja yang tinggal terima beres dari usaha keras temen-temen gue yang lari-larian kesana kemari akibat dikejar-kejar. ( Entah ini salah satu kebegoan gue apa bukan ).

Kadang saking enaknya gue di umpet-umpetin terus sama temen gue,gue malah kadang ketiduran sampe pagi di tempat ngumpetnya ( Kampret emang temen-temen gue ngga ada yang nyariin ). Kadang kalo gue diumpetin di kali,bukannya gue ngumpet nyelem apa gimana,gue malah sibuk nyari ikan. Pernah juga gue di umpetin di kuburan,ngga ngerasa takut gue malah sekalian ziarah ke makam nenek moyang gue.
Makannya nyampe sekarang gue dijauhin sama temen-temen gue.

5. MAIN MASAK-MASAKAN

Mungkin ini kegiatan gue dalam hal bermain yang paling absurd yang pernah gue alami. Lagian mana ada cowo yang mainnya masak-masakan...miris banget emang kedengarannya,tapi itulah gue...beginilah kegiatan gue sewaktu kecil. Semua terjadi karena di lingkungan gue tinggal tetangga-tetangganya lebih banyak cewenya. Bayangin aja kakak gue cewe terus temen-temen kakak  gue yang sering main semuanya cewe. Belum lagi temen-temen sekolah gue yang deket sama rumah gue semuanya cewe.

Jadilah mainan gue ya masak-masakan ikut gabung sama temen kakak gue dan temen-temen gue. Tau sendiri kalo gue main sama temen-temen gue yang cowo pasti gue bakal keluar jauh dari rumah dan kalo udah main gue suka lupa waktu dan lupa jalan pulang. Akhirnya nyokap gue yang lebih mirip satpam komplek pasti bakal mencak-mencak nyariin gue,bisa-bisa gue diiket di tiang rumah.

Tapi gue cukup beruntung waktu kecil gue memiliki wajah yang lumayan unyu,jadi setiap kali gue ikut main masak-masakan,gue ngga di jadiin kuli panggul,tukang sapu,ataupun pemulung. Paling engga gue jadi bapak-bapak kalo ngga jadi anak yang imut.

Dan percayalah,meskipun mainan gue waktu kecil agak absurd dan ngga cowo banget,tapi sekarang gue ngga tumbuh jadi laki-laki yang lemah gemulai atau laki-laki yang ke cewe-cewe an. Gue tetep tumbuh jadi laki-laki yang cool (aseek) hanya saja gue jadi lebih sensitif kaya cewe. *lahhh sama aja* :))
Jadi buat cewe-cewe yang baca tulisan gue ini plis jangan ilfeel.

And This Is The End of The Post...

Pada akhirnya satu hal yang paling gue rindukan,bukan permainan-permainan yang udah gue lakuin itu semua tapi kebersamaannya. Iya,persahabatan masa kecil yang alami yang kalo setiap kali kita saling berantem beberapa jam kemudian kita bisa baikan lagi,ketawa-ketawa lagi,main bareng lagi dan dengan mudah bisa melupakan pertengkaran-pertengkaran yang telah terjadi. Sesuatu hal yang ngga gue rasakan lagi di usia gue yang sekarang ini.

Sekarang,yang sering gue temuin ya cuma temen tiba-tiba baik kalo ada maunya doang,yang tiba-tiba baik tapi motifnya cuma buat pelampiasan doang entah karena dia merasa kesepian,abis diputusin pacar atau yang lainnya. Yang gue penginin itu kebersamaan yang natural layaknya anak kecil yang belum tau apa itu dendam dan sakit hati,entah itu buat temen atau calon pacar gue nanti.

Pic taken from here
Share it,please..... :))

Buat kritik dan saran plis tulis di comment box,atau ada yang mau cerita tentang masa kecilnya dulu juga boleh...tulis aja di comment box..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda :)