Rabu, 02 April 2014

Kembali Ke Tujuan Awal Gue

Ngga terasa udah sampai lagi pada bulan april. Ini berarti postingan pertama gue dibulan april. Seperti biasa,status gue masih joomblo -____- #JombloNgenes

Jadi buat cewe-cewe kalo diantara kalian ada yang mau jadi pacar gue,kesempatan kalian masih terbuka sangat lebar. Muehehehe #JombloNgarep

Bulan maret kemaren gue tutup dengan manis,dimana pada tanggal 31 kemaren gue bisa kumpul lagi bareng temen-temen gue semasa SMP di Monas. Sebuah pertemuan klasik untuk mengingat kembali suka duka,tingkah-tingkah konyol gue bareng temen-temen gue di masa-masa sekolah. Indahnya nostalgia itu jadi penutup manis di bulan maret ini yang di tengahnya terselipkan berbagai kengenesa-kengenesan gue.

Iya,memang yang namanya hidup itu ngga selalu berjalan mulus seperti yang kita mau. Terkadang kita harus memerlukan usaha lebih keras untuk menjadikannya lebih indah dari biasannya. "Karena tak kan ada akhir yang lebih indah tanpa ada usaha keras untuk membuatnya jadi indah." 
Tapi disini gue bukan mau cerita gimana keseruannya pertemuan gue bareng temen-temen sekolah gue di monas. Gue juga lagi ngga mau nyoba buat ngelucu dulu....karena hati gue lagi ngga mood banget buat nulis artikel "ngehe" kayak biasanya. Jadi buat lo yang berharap membaca tulisan yang "ngehe" kayak yang sudah-sudah,klik aja judul postingan lainnya di widgat kanan.


Oke,ngomongin soal sekolah...ngga bisa dipungkiri,buat gue masa sekolah itu masa dimana segala cita-cita dan harapan gue muncul dan tercetus satu persatu diotak. Gue juga ngga ngerti kenapa,tapi itulah faktanya. Mungkin masa sekolah adalah masa dimana otak gue bisa berfikir secara produktif.

Begitu banyak harapan-harapan yang gue pikirin,gue gantungin baik itu dari hal yang kecil sampai hal-hal besar yang bakalan gue lakuin di masa depan nanti. Iya,semua orang tentu saja ingin segala yang diharapkannya dapat terwujud kelak,tak terkecuali gue.

Dan kemaren,sepulang acara ngumpul-nguumpul di monas tiba-tiba gue keinget sebuah ambisi kecil yang dulu pernah gue ucapin sewaktu masih sekolah yaitu gue pengin nerusin sekolah lagi. Iya,gue pengin nglanjutin pendidikan gue yang sempat terputus seusai gue lulus SMK 2 tahun lalu. Gue pengin kuliah lagi seperti apa yang udah gue cita-citain sejak dulu.

Mungkin buat sebagian dari lo ini sesuatu hal yang ngga terlalu penting buat dibesar-besarin. Iya,karena ketika lo lulus SMA atau SMK lo bisa tinggal milih di perguruan tinggi mana lo bakal ngelanjutin pendidikan lo karena memang orang tua lo berkecukupan. Beda sama gue!!! Dulu ketika gue pertama kali masuk SMK mind set gue bahkan udah gue setel ketika gue lulus sekolah nanti gue harus bisa langsung kerja,ngga ada waktu buat gue main-main lagi karena memang kondisi keluarga guue yang bisa dibilang masih pas-pasan.

Ya meskipun hati kecil gue masih terus berharap suatu saat nanti gue bakalan bisa nerusin kuliah. Inilah yang gue sebut sebagai ambisi kecil seperti apa yang udah gue tulis diatas tadi. Ditengah-tengah kenyataan yang sepertinya ngga bakal memungkinkan buat gue bisa kuliah lagi kala itu,tapi hati gue masih terus berharap buat bisa mewujudkannya.

Gue jadi inget perjuangan keras gue dulu waktu gue pengin nerusin sekolah lagi ke SMK . Iya,setelah lulus dari SMP dulu gue emang sempet berhenti dan ngga nerusin sekolah selama setaun. Alesannya....mungkin bukan karena uang semata ya,tapi lebih karena hilangnya kepercayaan nyokap gue sama gue. Waktu itu gue emang salah karena gue udah nyia-nyiain kepercayaan yang diberikan nyokap gue sewaktu gue masih sekolah SMP.

Semua orang pasti punya sisi gelapnya,tak terkecuali gue. Waktu itu ketika nyokap gue banting tulang ngebiayain sekolah gue,gue malah berbanding terbalik sama nyokap gue. Gue seneng-seneng sendiri,ngabisin duit pemberian nyokap gue yang sebenernya itu buat bayar sekolah. Gue ngga pernah mikirin sekolah lagi,ya meskipun gue jarang bolos sekolah tapi pelajaran yang dikasih guru buat gue cuma masuk dari kuping kanan dan keluar lagi dari kuping kiri. Sampai nilai ujian keluar,gue jadi orang terbego dikelas gue.Kala itu gue emang bejat.

Sampe akhirinya nyokap gue tau,dia marah dan dia mutusin setelah gue lulus gue ngga bakalan disekolahin lagi. Pada saat itu sih gue cuma bisa marah sama nyokap gue,gue marah tanpa gue mikirin kesalahaan apa yang udah gue perbuat sampe nyokap gue mutusin ngga mau nyekolahin gue lagi.
(Tapi sekarang kalo gue inget kejadian ini sumpah gue nyesel banget. Nyesel senyesel-nyeselnya kenapa gue sampe sebego itu. Sekarang gue cuma bisa minta maaf)

Hingga akhirnya gue mutusin mending gue kerja aja kejakarta daripada gue harus dirumah. Di moment inilah gue mulai menyadari kesalahan yang udah gue lakuin semasa gue sekolah dulu. Iya,gue mulai ngerti gimana susahnya nyari duit...besarnya usaha dan pengorbanan nyokap gue buat nyekolahin gue dulu. Gue dapet pelajaran dari itu semua.

Gue kerja setaun,sampe gue mutusin buat ngembaliin kepercayaan nyokap gue yang dulu pernah ada tapi kemudian menghilang. Gue pengin nerusin sekolah lagi,seengganya kalo gue sekolah lagi mungkin gue bisa dapet pekerjaan yang lebih layak. Gue coba yakinin nyokap gue kalo gue bisa berubah dan ngga bakal ngelakuin kesalahan untuk yang kedua kalinya. Usaha gue ngga sia-sia,nyokap gue percaya dan dia mau nyekolahin gue lagi.

Sekarang di usia gue yang udah 20 taun,gue udah kerja....gue bisa ngebantu biayain sekolah adik-adik gue....gue bisa ngebantu ngeringanin kebutuhan-kebutuhan nyokap gue....dan bisa dibilang gue bisa beli segala yang gue butuhin,gue mau mutusin buat nerusin kuliah. Iya,ambisi kecil gue yang belum sempat terealisasi hingga sekarang kini gue terbangin lagi. Gue tempatin diatas segala ambisi-ambisi gue lainnya.

Meskipun bakalan berat buat gue ngejalaninnya karena emang gue sebagai kepala keluarga sekarang,gue mesti nyukupin kebutuhan nyokap gue dan adik-adik gue tapi gue masih tetep percaya gue bakalan bisa ngewujudin mimpi gue yang satu ini.

Yup,seberat apapun jalan hidup gue.... bahkan serumit apapun hidup gue,gue bakal berusaha merubahnya hingga akhirnya menjadi indah. Gue ngga mau kalo hidup gue lurus-lurus aja,terus-menerus berada di zona nyaman karena itu ngga bakalan ngerubah gue jadi apa-apa. Gue ngga bakalan tau apa itu kerja keras,apa itu perjuangan mewujudkan impian kalo gue terus -terusan berada di zona nyaman. Karena ngga ada karya indah yang tercipta dari kehidupan yang nyaman-nyaman aja.

Makannya gue kadang cuma bisa ketawa kalo ngeliat ada orang terutama anak sekolah yang cuma bisa gaya-gayaan pamerin apa yang dia punya,apa yang dia baru beli ke temen-temennya yang semuannya itu cuma dibeliin sama orangtuanya. Buat apa? Dari sudut pandang mana gue mesti liat kalo itu membanggakan? Bahakan lo ngga tau gimana perjuangan orangtua lo buat bisa ngebeliin barang-barang tersebut buat lo.

Bukan,disini gue bukan lagi iri sama lo pada...gue emang ngga bisa dapet dengan mudah apa yang gue mau kayak lo,tapi gue masih lebih bangga jadi diri gue sendiri karena gue bisa beli apa yang gue mau dari hasil keringat gue sendiri. Iya,baju yang gue pake,gadget yang gue pake dan segala kebutuhan penunjang gengsi yang gue pake itu semua murni dari hasil keringat gue sendiri.

Jadi buat lo yang bisa dengan mudah dapetin apa yang lo mau, bersyukurlah sama apa yang udah lo punya. Gunain barang-barang pemberian orangtua lo sebaik mungkin,karena gue yakin orangtua lo dapetinnya juga ngga gampang. Sekalipun orangtua lo kaya raya dan bisa beli apa aja,gue yakin perjuangan dia bisa sampe seperti itu eksta keras pada awalnya.

Dan buat lo yang mungkin sama kayak gue,tetep semangat. Perjuangin apa yang udah jadi cita-cita lo karena ngga ada kesuksesan yang tercipta tanpa adanya usaha yang keras. Bahkan ketika lo pengin liat indahnya pelangi,lo mesti ngelewatin rintangan yang namanya hujan dulu sampe akhirnya pelanginya muncul dibarengi cerahnya sinar matahari.

Mungkin mereka yang bisa dengan mudah dapetin apa yang mereka mau itu beruntung,tapi percayalah lo itu orang yang paling beruntung diantara orang beruntung itu karena lo bisa ngrasain lebih dini apa itu usaha dan kerja keras. Dan itu artinya lo bakalan lebih siap untuk sukses.

Yup,mungkin segini dulu sharing gue tentang cita-cita gue. Kalo lo punya cita-cita yang pengin dibagi ke temen-temen share aja di comment box ya. BYE----------------BYE-------------!!!!!!!!!!!!!!!
jangan takut buat terbang!!!


2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda :)